Tugas Turtorial 1 Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD


Tugas tutorial 1
1. Jelaskan fungsi umum dan fungsi khusus bahasa! 
2. Jelaskan empat teori yang menonjol dalam perolehan bahasa kedua (B2)! 
3. Jelaskan empat metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia! 
4. Jelaskan fungsi kurikulum bagi guru! 
5. Jelaskan syarat yang berhubungan dengan isi buku teks! 

Jawaban:
1. Fungsi umum dan fungsi khusus bahasa yaitu:
        Fungsi umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu fungsi personal dan sosial.  
a. Fungsi personal merupakan peranan bahasa sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan setiap diri manusia sebagai makhluk individu. Manusia menggunakan bahasa untuk menyatakan keinginan, cita-cita, kesetujuan dan ketidaksetujuan serta rasa suka atau tidak suka. 
b. Fungsi sosialnya mengacu pada peranan bahasa sebagai alat komunikasi dan berinteraksi antar individu atau antar kelompok sosial. Manusia menggunakan bahasa untuk saling menyapa, saling mempengaruhi, saling bermusyawarah, dan bekerja sama.
        Fungsi bahasa secara khusus ada 7 yaitu fungsi personal, fungsi regulator, fungsi interaksional, fungsi informatif, fungsi heuristik, fungsi imajinatif dan fungsi instrumental. 
a. Fungsi personal merupakan penggunaan bahasa untuk mengungkapkan pendapat pikiran sikap atau perasaan pemakainya. 
b. Fungsi regulator yaitu penggunaan bahasa untuk mempengaruhi sikap dan pikiran atau pendapat orang lain, dalam hal ini seperti bujukan, rayuan, permohonan atau perintah. 
c. Fungsi intrasional yaitu penggunaan bahasa untuk menjalin kontak dan menjaga hubungan sosial, seperti sapaan, basa-basi, simpati, atau penghiburan. 
d. Fungsi informatif yaitu penggunaan bahasa untuk menyampaikan informasi ilmu pengetahuan atau budaya.
e. Fungsi heuristik yaitu penggunaan bahasa untuk belajar atau memperoleh informasi, seperti pertanyaan atau permintaan penjelasan atas suatu hal. 
f. Fungsi imajinatif yaitu penggunaan bahasa untuk memenuhi dan menyalurkan rasa estetis atau indah, seperti nyanyian dan karya sastra. 
g. Fungsi instrumental yaitu penggunaan bahasa untuk mengungkapkan keinginan atau kebutuhan pemakainya, seperti saya ingin….

2. Empat teori yang menonjol dalam perolehan bahasa kedua (B2) yaitu:
a. Model akulturasi, yang memandang penyesuaian budaya sangat mempengaruhi Ada tujuh teori yang menonjol yang dikemukakan dalam pemerolchan B2. pemerolehan B2. Pengaruh itu ditentukan oleh jarak sosial dan psikologis antara kelompok pembelajar B2 dengan masyarakat asli pemilik B2 tersebut.
b. Teori akomodasi, yang menyatakan bahwa cara pembelajar B2 membatasi diri dalam berhubungan dengan masyarakat 'pemilik' B2. Identifikasi hubungan antara kedua kelompok akan menimbulkan motivasi yang mempengaruhi keberhasilan pemerolehan B2.
c. Teori wacana, yang berpendapat bahwa pembelajar B2 akan menemukan makna bahasa melalui keterlibatannya dalam berkomunikasi. Semakin sering pembelajar terlibat dalam komunikasi alamiah (dalam konteks berbahasa langsung) maka akan semakin baik kemampuan B2-nya.
d. Model monitor, yang menyatakan tampilan berbahasa pembelajar B2 ditentukan oleh cara mereka menggunakan monitor. Penggunaan monitor yang berlebihan akan menghambat penguasaan bahasa pembelajar.
e. Model kompetensi variable, yang berpendapat bahwa cara seseorang mempelajari bahasa akan mencerminkan cara orang itu menggunakan bahasa yang dipelajarinya. Produk penggunaan bahasa terdiri atas berbagai macam produk bahasa (wacana) dari yang tidak terencana sampai yang terencana.
f. Hipotesis universal, yang menyatakan bahwa bahasa antara anak (interlangue) akan terisi dengan kaidah-kaidah bahasa yang bersifat universal. Pola-pola bahasa yang sesuai dengan kesemestaan bahasa akan lebih mudah dipahami daripada pola-pola khusus. Penguasaan struktur B1 akan membantu pembelajar dalam pemerolehan B2.
g. Teori neurofungsional, yang berpandangan adanya hubungan antara pemerolehan B2 dengan anatomi otak syaraf dan sistem otak.

3. Empat metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu:
a. Direct methode atau metode langsung merupakan metode pengajaran bahasa yang di dalam pelaksanaannya guru langsung menggunakan bahasa sasaran yaitu bahasa yang diajarkan. Dimana siswa tidak boleh menggunakan bahasa ibu atau bahasa pertamanya selama pembelajaran berlangsung. Tujuan dari direct methode di SD adalah penggunaan bahasa sasaran dalam hal ini bahasa Indonesia yang merupakan bahasa kedua secara lisan agar siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa kedua tersebut.
b. Natural methode atau metode murni alamiah merupakan metode yang dalam pelaksanaannya menggunakan peraga yang berupa benda-benda, gambar-gambar, atau peragaan secara langsung dalam aktivitas sehari-hari.
c. Reading methode atau metode membaca merupakan metode yang dipakai di Amerika Serikat pada tahun 1929-an baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi. Tujuan dari reading methode ini yaitu memberi pelajaran atau mahasiswa kemampuan dalam memahami teks ilmiah yang mereka perlukan dalam studi mereka. Metode ini dapat diterapkan untuk pelajaran bahasa Indonesia di SD dengan jalan dimodifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa, metode ini cocok diterapkan di kelas tinggi. 
d. Electic methode memiliki arti “memilih secara bebas” dalam hubungan dengan metode pengajaran bahasa Indonesia maksud dari bebas di sini adalah bebas untuk menambah atau mengombinasi atau mencampur antara metode yang satu dengan lainnya yang dianggap cocok dan diperkirakan dapat mencapai pembelajaran yang telah ditetapkan. Maka dari itu electic methode diterjemahkan secara bebas dalam bahasa Indonesia metode campuran.

4. Fungsi kurikulum bagi guru yaitu:
Fungsi kurikulum bagi guru sebagai pedoman dalam menyusun dan mengorganisasikan pengalaman belajar siswa serta sebagai pedoman mengevaluasi perkembangan siswa. Dengan adanya kurikulum tugas guru sebagai pengajar dan pendidik akan lebih terarah. Tugas guru sebagai pendidik merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam proses pendidikan dan merupakan salah satu komponen yang berinteraksi secara aktif dalam pendidikan.

5. Syarat yang berhubungan dengan isi buku teks yaitu:
a. Memuat sekurang-kurangnya bahan pelajaran minimal yang harus dikuasai siswa sesuai dengan jenjang pendidikan yang diikutinya.
b. Relevan dengan tujuan pendidikan.
c. Menghormati kerukunan hidup umat beragama dan antar umat beragama.
d. Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e. Benar ditinjau dari segi ilmu pengetahuan.
f. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
g. Sesuai dengan jenjang pendidikan yang menjadi sasaran penulisan buku teks tersebut.

Posting Komentar untuk "Tugas Turtorial 1 Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD"