Tugas Tutorial III Perspektif Pendidikan SD

TUGAS TUTORIAL 3:
1) Bahan ajar menjadi salah satu penunjang keberhasilan proses pembelajaran, jelaskan!
2) Jelaskan cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk melihat perkembangan proses pembelajaran dikelas!
3) Guru yang profesional bisa menciptakan pembelajaran menjadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, jelaskan maksudnya!
4) Mengapa dalam proses pembelajaran dikelas hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi?
5) Sarana dan prasarana sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran, jelaskan!

Jawaban:
1) Bahan ajar menjadi salah satu penunjang keberhasilan proses pembelajaran karena bahan ajar merupakan bahan yang berisi konten-tertulis, mediasi, atau difasilitasi guru yang digunakan oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan. Bahan ajar yang sering digunakan oleh guru yaitu buku teks dan lembar kerja siswa (LKS) atau buku kerja siswa. 
Dalam bahan ajar tersebut terdapat komponen utama yang berisi informasi atau topik utama yang ingin disampaikan kepada siswa, atau harus dikuasai siswa. Umumnya bahan ajar utama berbentuk bahan ajar cetak. Sedangkan komponen pelengkap dapat berupa informasi atau topik tambahan yang berintegrasi dangan bahan ajar utama berbentuk bahan ajar cetak. Sedangkan komponen pelengkap dapat berupa informasi atau topik tambahan yang terintegrasi dengan bahan utama, atau informasi atau topik pengayaan wawasan siswa. biasanya komponen pelengkap terdiri dari bahan pendukung cetak (materi pengayaan, bacaan, jadwal, silabus), bahan pendukung non cetak (kaset, CD, VCD), panduan siswa, panduan guru, dan lain-lain yang diperlukan siswa untuk mempelajari suatu topik yang disajikan melaluikomponen pelengkap terdiri dari bahan pendukung cetak (materi pengayaan, bacaan, jadwal, silabus), bahan pendukung non cetak (kaset, CD, VCD), panduan siswa, panduan guru, dan lain-lain yang diperlukan siswa untuk mempelajari suatu topik yang disajikan melalui beragam media. Adapun komponen evaluasi hasil belajar terdiri dari perangkat soal atau butir tes atau alat evaluasi hasil belajar non tes yang dapat digunakan untuk tes formatif siswa selama proses pembelajaran dan tes sumatif siswa pada akhir semester.
Buku teks sebagai bahan hajar hendaknya mengandung komponen-komponen tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi. Sedangkan pada lembar kerja siswa atau LKS terdapat panduan yang akan digunakan siswa baik secara individual maupun kelompok untuk mengerjakan tugas LKS berisi komponen tujuan, materi/sumber, waktu, cara kerja, hasil yang diharapkan dan tidak lanjut yang harus dilakukan siswa untuk menyelesaikan tugasnya baik yang disajikan dengan diskusi kelas ataupun hasilnya langsung diserahkan kepada guru.
Jadi dengan bahan ajar maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan proses pembelajaran tersebut dapat berjalan lancer, menarik untuk siswa serta pembelajaran tersebut bermakna.

2) Cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk melihat perkembangan proses pembelajaran dikelas yaitu dengan melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ini dapat dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. Evaluasi atau penilaian hasil belajar oleh guru dapat dilakukan secara berkesinambungan yang bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar siswa serta meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika melakukan evaluasi pembelajaran yaitu guru dapat menilai atau mereview rencana pembelajaran atau yang disebut dengan RPP dengan menggunakan format telaah RPP, kemudian menilai pelaksanaan atau proses pembelajaran melalui refleksi dan dialog dengan siswa sehingga dapat ditemukan akar penyebab dari berbagai peristiwa atau masalah dalam pembelajaran, selanjutnya menganalisis hasil belajar siswa yang kemudian dikaitkan dengan hasil penilaian proses pembelajaran serta menyimpulkan kualitas atau kekuatan dan kelemahan pembelajaran berdasarkan hasil yang didapatkan untuk menindaklanjuti temuan pada kegiatan pembelajaran sehingga guru nantinya dapat merencanakan pembelajaran berikutnya. Dengan melakukan evaluasi pembelajaran maka guru dapat mengetahui masalah yang terjadi saat proses kegiatan pemeblajaran di dalam kelas yang nantinya diharapkan bisa menemukan solusi dari masalah tersebut agar guru dapat mengetahui perkembangan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan.

3) Guru yang profesional bisa menciptakan pembelajaran menjadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, artinya seorang guru dalam proses pembalajaran harus mampu membuat siswa merasa nyaman, tidak takut untuk bertanya, tidak tegang dalam menyimak penjelasan guru dan tidak merasa kesulitan untuk menyerap materi yang diberikan. Segala aktivitas yang dilakukan harus berpusat pada siswa dimana pembelajaran harus ditekankan untuk menggali dan mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri siswa serta media yang digunakan untuk menggali pengetahuan dan menanamkan nilai kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang aktif merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara aktif, guru terlibat secara aktif dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan guru untuk memantau siswa, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menantang dan mempertanyakan gagasan siswa. Pembelajaran yang kreatif merupakan pembelajaran yang membangun kreativitas siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan, bahan ajar dan sesama siswa, utamanya dalam menghadapi tantangan atau tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang akan mendongkrak kualitas hasil belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan merupakan pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan didukung lingkungan aman, bahan ajar relevan. Dalam hal ini guru harus bisa mengemas materi agar lebih mudah dipahami siswa, menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

4) Dalam proses pembelajaran dikelas hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi karena dengan melakukan berbagai variasi dalam proses pembelajaran siswa tidak akan merasa jenuh dan menjadi seorang guru harus mampu mengkondisikan kelas agar proses pembelajaran tidak membosankan dan dapat menyenangkan untuk siswa. Guru dapat melakukan asesmen kepada siswa untuk mengetahui karakteristik cara belajar siswa, dengan mengetahui karakteristik cara belajar siswa di kelas guru dapat mengelompokkannya agar sesuai dengan gaya belajar, karakteristik, minat dan bakat siswa dalam belajar. Banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas untuk membuat konsisi kelas menjadi aktif dan menyenangkan untuk siswa serta seorang guru harus memperhatikan 8 keterampilan mengajar seperti bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan individual. Guru harus kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran sehingga perlunya variasi dalam mengajar yang akan menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

5) Sarana dan prasarana sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran, karena dengan memiliki sarana dan prasarana ini sekolah dapat menunjang keberlangsungan pembelajaran yang sangat bergantung dari kreativitas dalam memanfaatkannya. Sarana dan prasarana yang lengkap atau melimpah sekalipun tidak akan berfungsi dengan baik jika guru dan siswa tidak mau atau tidak mampu untuk memanfaatkannya. Maka dari itu pentingnya untuk memanfaatkan secara kreatif sarana dan prasarana yang telah tersedia agar berfungsi dengan maksimal sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu contohnya yaitu laptop, jika guru tidak mampu memanfaatkannya dengan baik dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran maka laptop ini tidak akan bisa berfungsi dengan baik dan bahkan bisa saja akan rusak jika tidak digunakan.

Posting Komentar untuk "Tugas Tutorial III Perspektif Pendidikan SD"